Branding Kota Telor Asin yang Terjaga


ANABERITA.COM, ANABranding - Salah satu tools komunikasi dalam branding adalah warna. Karena warna punya cerita, punya makna dan berbicara. Dan ini berlaku untuk semua jenis produk termasuk kota.

Semisal Kita Brebes, Provinsi Jawa Tengah yang punya warna hijau telor asin. Seingat saya warna tertempel di semua simbol bangunan pemerintahan termasuk toko - toko di sepanjang jalan utama, mulai dari Kawasan Alun - Alun Kota Brebes sampai perbatasan dengan Tegal.

Warna hijau telor asin memiliki cerita dan makna dan dari warna ini kota ini ingin menyampaikan pesan soal kota. Warna hijau telor asin yang dimiliki Brebes bukan sekadar warna tapi dia menjadi karakter karena ada pesan dalam warna itu.

Kota Brebes adalah kota yang terkenal dengan telor asinnya. Terus terang saya salut dengan Bupati tempo dulu yang kali pertama membuat kebijakan soal warna karakter ini.
Semoga warna ini tidak diubah oleh nafsu dan selera partai politik siapa yang berkuasa, karena warna hijau telor asin ada sejarah, ada karakter dan ada pesan. Warna ini telah menyatu dengan culture masyarakat di Brebes.
Kalau warna sebuah kota berubah ubah menyesuaikan warna partai politik atau selera pribadi kepala daerah tanpa memerhatikan aspek filosofis daerah maka saya bisa pastikan bahwa kepala daerah itu sesungguhnya ga faham soal konsep city branding.
Saya tidak tahu persis kondisi kota ini, tapi terakhir memang masih ada walaupun ada yang dirubah dan ini sebenarnya mendegradasi city branding yang telah dibangun Bupati tempo dulu. Dulu, Gapura saja berwarna hijau telor asin.
Anda bayangkan dalam sebuah kota setiap lima tahun identitas warna kota berubah ubah. Ketika dipimpin A kota menjadi warna A begitu seterusnya. Atau diganti warna ketika masa kampanye padahal warna tersebut boleh jadi tidak senafas dengan karakter dan budaya masyarakatnya.
Jika ini yang terjadi maka warna itu hanya bicara soal asal usul pribadi kepala daerah bukan bicara soal kota. City Branding adalah konsep yang terintegrasi, saling koneksi satu dengan yang lain, satu frekuensi ketika kota itu menyampaikan pesan. Dan salah ruang pesan itu adalah warna kota.